(004) Selamat datang di Sangatta, Kalimantan Timur..

Minggu, 22 Februari 2009.. Saya memulai perjalanan untuk bergabung dengan tempat kerja yang baru di Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Berangkat dari rumah di Cianjur pagi-pagi sekali diantar ibu, adik, dan ponakan. Baru kali ini saya pindah kerja sampai diantar serombongan begini menuju bandara Soekarno-Hatta, berasa mau naik haji..hehehe..

Tiket Garuda Jakarta-Balikpapan sudah di tangan, dikirim dari perusahaan. Yang agak bingung waktu itu, mana ya tiket pesawat Balikpapan-Sangatta? Saya hanya diberitahu staf HR supaya begitu sampai di bandara Balikpapan, langsung cari konter airline yang namanya Airfast Indonesia. Hmm..baru kali itu saya dengar tentang airline tersebut. Dan ngomong-ngomong, sebelumnya saya juga tidak tahu ada kota yang namanya Sangatta. Ini bukan pertama kali saya ke Kalimantan, bukan pertama kali naik pesawat, bukan pula pertama kali naik Garuda, tapi saya rasanya bersemangat sekali, entah kenapa.

Singkat cerita, tibalah saya di bandara Balikpapan. Konter Airfast saya temukan tak lama setelah saya tiba. Ternyata jalur penerbangan Balikpapan-Sangatta adalah jalur pesawat kecil, saat itu menggunakan Twin Otter 16 tempat duduk (imut seperti angkot ya..) Proses check-in agak beda karena semua penumpang dan barang harus ditimbang (untung waktu itu masih agak langsing, jadi saya tak pingsan lihat angka di timbangan, hehehe..), kemudian tiket baru diberikan dengan sepasang ear plug.. Ya betul.., ear plug, sumbat telinga.. Saya tahu kegunaan ear plug, tapi saya tidak yakin, momen mana dari perjalanan naik pesawat Twin Otter ini yang mengharuskan saya memakai ear plug.

Ketika sudah berada di pesawat dan siap-siap mau lepas landas, saya baru sadar, sepanjang perjalanan udara si ear plug ini memang sebaiknya dipasang karena.., B.E.R.I.S.I.K Β S.E.K.A.L.I…!!! Tingkat kebisingan konstan yang saya yakin di atas 85 dBa, di atas nilai ambang batas pendengaran telinga manusia. Bukan hanya itu, bagi yang belum terbiasa naik pesawat kecil seperti saya, kepala jadi pusing dan gendang telinga jadi sakit karena setiap gerakan pesawat terasa sampai otak dan sumsum tulang belakang! Ok, agak lebay sih,Β tapi intinya kalau belum terbiasa memang kurang nyaman. Penerbangan itu sendiri hanya 45 menit, tapi bagi waktu saya waktu terasa lama sekali.

Akhirnya, mendarat juga di bandara Tanjung Bara, Sangatta. Ini adalah bandara terkecil yang pernah saya lihat, bahkan sampai sekarang, 6 tahun kemudian, setelah saya banyak melihat bandara lainnya. Bandara ini milik perusahaan tempat saya akan bergabung, berada di wilayah perusahaan, dan kelihatannya dirancang hanya untuk pesawat kecil/perintis dan helikopter.

Turun dari pesawat, seperti yang diminta, saya tunggu jemputan, salah seorang staf HR, yang akan membawa saya ke pendaftaran akomodasi di kamp/mess karyawan. Tapi setelah 30 menit, tak ada yang muncul. Tak ada orang lagi di bandara selain saya. Saya telpon bapak supervisor HR yang waktu dulu itu, dan ternyata dia sudah menugaskan stafnya. Usut punya usut, ternyata ada miskomunikasi (lagi..?), sang staf mengira, karena itu hari Minggu, sang bapak supervisor yang akan menjemput saya karena rumahnya lebih dekat ke bandara dan ke mess karyawan, sementara sang supervisor tentunya sudah merasa menugaskan jadi ya tidak menjemput. Hadeuuuuhhhh…

Satu jam kemudian, sang staf muncul dengan permohanan maaf dan sedikit curhat, dan membawa saya ke bagian akomodasi dan akhirnya ke mess saya.

Selamat datang di Sangatta..!

Bersambung…Β 

6 thoughts on “(004) Selamat datang di Sangatta, Kalimantan Timur..

  1. Sempet agak bengong baca postingan ini, another similarities stelah fasa unpad.
    Aku jg ngalamin idup d site, di pelosok papua. Ayo lanjutin ceritanya πŸ˜‰

    Like

  2. Pingback: (043) Kembali ke titik awal.. | Crossing Borders

Leave a Reply

