(032) Duh…!!! Ada-ada saja…😁

Sari : Em.., udah bangun belum..? Lu masih di Kolombia kan..?

Saya : Ya udah bangun.., dan masih bangun dari kasur gw yang di Kolombia ini.. Emang kenapa..?

Sari : Lu ketemu si Nazaruddin itu gak di sana..?

Saya : …??!?#$%^&*/#$*%

Itulah percakapan di akun Facebook saya, suatu pagi di bulan Agustus 2011. Β Saat itu saya ingat sedang bulan Ramadhan 2011. Sari adalah kolega dan juga salah satu sahabat di kantor tempat saya terakhir bekerja di Sangatta, Kalimantan Timur. Saat itu di Barranquilla jam 6 pagi, sementara di Sangatta, di mana Sari sedang berada, sudah jam 7 malam, perbedaan waktu 13 jam lebih duluan Sangatta.

Di Facebook tersebut, Sari bukan yang pertama atau terakhir yang menanyakan tentang seseorang yang bernama Nazaruddin yang mendadak tenar itu. Awalnya saya tak peduli, saya pikir ini orang pasti semacam seleb dadakan karena baru saja menikahi atau menceraikan seseorang yang terkenal juga. Tapi ketika Sari yang bertanya, saya jadi penasaran, jangan-jangan Nazaruddin ini semacam alien temuan baru sehingga menggemparkan dunia ilmu pengetahuan. Saya penasaran karena sahabat saya itu bukan perempuan tipe rumpi/gosip/nyinyir dan bukan penikmat berita seleb. Jadi saya tanya dia lebih lanjut. Dan ternyata oh..ternyata.., seleb dadakan yang bernama Nazaruddin ini adalah…orang Indonesia buronan kasus korupsi/kasus suap senilai 3 juta dolar US (30 milyar rupiah) yang baru saja tertangkap di Kolombia!!!

Tidak hanya itu, di hari-hari berikutnya ada beberapa teman baik, ibu-ibu di studio aerobik latin dance tempat saya tiap hari berolahraga, tanya atau kasih tahu saya tentang orang Indonesia yang ditangkap Interpol Kolombia di kota Cartagena yang berjarak kira-kira satu jam berkendara dari tempat kami tinggal. Dan tentu saja saya makin..???!!?@#$%^.., nyaris tak percaya ada orang Indonesia lainnya di Kolombia ini yang ngebolang begitu jauhnya dengan alasan yang MEMALUKANΒ !

Akhirnya saya tanya mbah Google…, dan keluarlah berita-berita tentang si seleb dadakan ini dari berbagai media massa; lokal (Kolombia), nasional (Indonesia), dan internasional seperti BBC, New York Times, dan The Australian..

Kutipan dari El Colombiano:Β Indonesio detenido en Colombia fue deportado a su paΓ­s..(Orang Indonesia yangΒ ditahan di Kolombia dideportasi ke negaranya..). Publicado el 13 de agosto de 2011Β 

Mohammad-Nazaruddin-captura-cort-620x250-09082011

Kutipan dari New York Times:Β Fugitive’s Return Jolts Indonesia’s Political World.. (Kembalinya sang buronan menghentak dunia politik Indonesia..). Published: August 14, 2011

15ndonesia-span-articleLarge

Kutipan dari Republika Online: Nazaruddin ditangkap saat lagi nongkrong di pasar loak Kolombia. Diterbitkan 8 Agustus 2011

nazaruddin-_110726173348-172

Siapa sangka saya akan mendengar berita tentang orang Indonesia buronan yang kabur sampai ke antah berantah Kolombia begini. Saya pikir saya sudah yang paling aneh sendiri, mau saja ikut suami tinggal di negara yang baru saja lepas landas dari masa kegelapan.. Ternyata.., ada yang lebih “ajaib” lagi..

Duh..!!! Dunia…, dunia… Ada-ada saja..😧

Bersambung..

28 thoughts on “(032) Duh…!!! Ada-ada saja…😁

  1. Mbak Em beruntung belum sempat ketemu selebritis dadakan ini sebelum dideportasi. Hihihi… Soal negara yang baru saja lepas landas dari masa kegelapan, jadi teringat nih sama kota Medellin… Ditunggu kisah lebih jauh… Hehehe…

    Tapi namanya gelap, di Medan ini masih belum lepas dari kegelapan. Hampir seminggu sekali sekarang ada ritual byarr pett alias pemadaman bergilir. Bulan Oktober kemarin lebih parah, tiap hari, bisa sampai minum obat…

    By the way, di Kolombia sendiri apakah pernah mengalami badar byar pett seperti di Medan?

    Like

    • Emang nih bikin malu aja.., kenapa juga dia kaburnya ke Kolombia.. Padahal sebelumnya di sembunyi di Amerika Serikat.., di Miami kalo gak salah.. Kenapa gak sekalian aja ke segitiga bermuda yg serem itu loh.. Ahh dasar manusia..πŸ˜„

      Like

    • Iya Joey.., makanya si the New York Times nulis judul artikelnya “Kembalinya Sang Buronan Menghentak Dunia Politik Indonesia..” Hahaha..😝
      Makasih banyak ya sudah mampir dan baca-baca ocehankuπŸ˜ƒπŸ‘

      Like

Leave a Reply

