(041) Bunga..

Awal Januari 2012 saya dan M mulai menurunkan koper-koper besar yang selama ini “istirahat” dulu dari perjalanan sangat jauh. Saya bilang ke koper-koper tersebut: “Ayo koper-koperku tercinta, saatnya beraksi kembali..” Kami mulai menghitung barang-barang  yang akan dibawa atau ditinggal dengan spesifikasi sebagai berikut:
Dibawa : bersama kami di pesawat atau melalui kurir/kargo
Ditinggal : ditinggalkan di apartemen saja atau disumbangkan

Ketika sedang menandai barang-barang tersebut, pandangan saya terhenti pada vas bunga beserta bunga potong segar yang ada di dalamnya. Sejak tinggal di Kolombia, saya jadi punya beberapa kebiasaan baru, salah satunya yaitu menghiasi tempat tinggal dengan bunga potong.

Di benua Amerika Selatan, Kolombia adalah produsen dan eksportir utama bunga potong dan bunga pot, bahkan di tahun 2006 hampir 60% dari hasil produksi bunga potongnya diekspor ke Amerika Serikat yang mengimpor 82% kebutuhannya dari berbagai negara. Pembudidaya bunga potong di Amerika Serikat juga pernah menyatakan bahwa 3 dari 4 tangkai bunga potong di negara itu dihasilkan di negara lain dan Kolombia adalah negara eksportir terbesarnya. Amerika Serikat menandatangani perjanjian perdagangan dengan Kolombia yang isinya yaitu bunga potong dari Kolombia bisa dibeli dengan harga yang lebih ekonomis dengan kualitas yang tetap terjaga. Fakta menarik lainnya, seperti Indonesia, Kolombia juga mempunya banyak sekali jenis heliconia (pisang-pisangan hias seperti gambar di bawah ini), dan bahkan Kolombia disebut memiliki jumlah spesies/varian terbesar dari tanaman tersebut dan banyak di antaranya yang bersifat endemik, hanya ditemukan di wilayah tertentu di Kolombia (dirangkum dari berbagai sumber).

200px-Heliconia_rostrata_4images-2Heliconia-flowersimages-4images-5images-3
Kembali ke bunga di apartemen kami, kemudian saya ingat, kebiasaan baru saya yang lainnya adalah saya suka memotret bunga yang saya beli. Jadi, urusan menandai barang ditunda dulu (alasan saja sih, malas pre-packing sebetulnya..hehehe..), dan mulai mengacak-acak isi komputer. Dan benar ternyata, banyak foto-foto bunga, mulai dari yang umum seperti mawar merah, gladiol dan carnation (Bahasa Indonesia-nya entah apa) sampai bunga entah apa namanya, atau jenis bunga yang lazim saya lihat tapi dengan warna seperti hijau muda, biru tosca, ungu kebiruan, dll..
Pada dasarnya saya suka bunga, tapi tidak berbakat berkebun atau menumbuhkan tanaman (memalukan.., padahal nenek moyangnya petani.., ibu saya saja masih bertani sampai detik ini..). Tinggal di negara eksportir bunga, ini seperti surga bagi saya, karena bunga di Kolombia ini harganya murah, kualitas bagus, dan gampang didapatkan. Semua supermarket menjual bunga potong. Di pasar tradisional lebih murah lagi. Dan berikut penampakannya..
DSC00438aDSC00447 DSC09977DSC09978  DSC09980DSC09983 DSC09984zz 003Emmy's iPhone 4G 012DSC09979DSC00438aEmmy's iPhone_110811 053Emmy's iPhone 4G 019Emmy's iPhone_110811 052Emmy's iPhone_110811 051DSC09981Emmy's iPhone_110811 091Emmy's iPhone_110811 184Emmy's iPhone_110811 092Emmy's iPhone_110811 201

Sebetulnya, selain bunga potong, saya juga suka beli bunga pot. Sayangnya, si bunga selalu berakhir tragis di apartemen kami (alias mati..hiks..hiks..) kecuali beberapa yang saya beli di bulan-bulan terakhir. Kata M, sebelum ada “kematian” lagi, dan pastinya sayalah tersangka utamanya, si bunga pot yang masih hidup sebaiknya segera diberikan kepada siapa saja yang berminat dan berbakat untuk merawatnya. Dia bilang ruang laundry kami lebih mirip kuburan dan banyak hantunya karena saya suka simpan bunga pot yang sudah mati di situ..hahaha..

Jadi begitulah.., di minggu pertama tersebut kami sibuk pre-packing. Langkah berikutnya, M akan bilang ke orang kantor dan saya akan beritahu teman-teman. Duh.., farewell lagi nih.. Terus di tempat kami tinggal berikutnya bakalan surga bunga juga gak ya..:-(

Bersambung…

24 thoughts on “(041) Bunga..

  1. Lucu banget jenis2 heliconia, kalo yg pernah ku liat yg kuning merah aja bi. Btw, kalo di kolombia cowo2 suka kasih bunga gitu ga ke pacarnya? Maap pertanyaan ga penting hahahaha

    Like

    • Iya si heliconia itu bagus warna dan kualitasnya di sini.. Di Indonesia sih juga banyak cuma gak umum dijadikan bunga potong.. Kalo di Kolombia mah semua orang doyan bunga kayaknya, mungkin karena budaya mereka.. Jadi jelaslah cowok di sana umumnya suka kasih bunga ke ceweknya..

      Like

  2. Wah, ada yang biru beneran ya… Saya pernah nemunya malah warna birunya setelah diberi pewarna pada airnya… Cakep…

    Heliconia di Indonesia juga banyak kok Mbak dan macamnya gampang ditanam kok mbak. Tapi di tanah ya, kalau di pot kasihan akarnya kurang leluasa mencari makan…

    Like

    • Iya itu beneran warna biru.. Heliconia tuh kayak pisang beneran, di mana si pohon pisang bisa tumbuh, ya heliconia bisa tumbuh juga.., ini artinya di semua negara beriklim tropis Cuma, menurut para peneliti, Kolombia tuh punya varian/spesies terbanyak, dan banyak di antaranya hanya bisa ditemukan di wilayah tertentu di sana, misalnya yg warna pink atau oranye. Kalo di Kolombia heliconia umumnya dipakai/diproduksi sebagai bunga potong, meski banyak juga yg ditanam di tanah..

      Like

      • Bunganya bisa dimakan, cuma pahit aja kali..hehehe Buah-buahan murah juga, terutama buah-buahan iklim tropis (pisang, pepaya, mangga, nanas, dkk), tapi buah-buahan iklim subtropis (apel, pir, anggur, persik, dll) juga gak semahal di Indonesia karena buah tersebut diimpor dari negara yg biaya produksinya rendah (Chile, Argentina) atau diimpor dari negara tetangga yg jaraknya dekat (USA) jadi ongkosnya sedikit.

        Like

    • Kalo di Kolombia, selain umum ditanam sebagai tanaman hias, juga diproduksi sebagai bunga potong. Biasanya tempat yg suka pajang heliconia di vas bunga tuh kantor-kantor, mungkin karena bentuknya yg simpel/minimalis gitu kali..

      Like

  3. Akkk!! Aku sukaaa sekali dengan bunga2. Bunga2 di fotomu eye-catching banget. Bagus! waktu ke Belanda, ke Keukenhof kayak berasa disurga *kayak pernah kesurga aja hehehe* Di Belanda kalau aku perhatikan, tiap rumah selalu ada bunga segar.
    Sama Em, akupun belum mencoba peruntungan dibidang tanam menanam. Suka bunga tetapi apakah bunganya juga suka aku tumbuhkan hahaha

    Liked by 1 person

    • Nah, kamu kan nanti tinggal di Belanda, siap-siap aja kalap lihat bunga-bunga kualitas bagus pengen dibeli semua (kayak aku waktu di Kolombia..), soalnya kalo di Eropa, Belanda tuh juaranya untuk industri bunga potong.., bahkan utk perdagangan bunga potong internasional, Belanda adalah hub utamanya.. Aku pernah nonton dokumenter tentang industri bunga potong di Belanda soalnya.. Seru!

      Like

      • Iyaaa, kemaren pas ke Keukenhof aja rasanya pengen gegoleran diatas tulip gara2 seneng lihat warna warninya hahaha *udik 😀 Trus nanti berencana pengen nanem2 bunga selain nanem cabe *tetep ya cabe prioritasnya hahaha. Cabe mahaall Em sekarang di Indonesia hikkss sedih. Aku ga bisa makan kalo ga pake sambel *ini kok malah curhat cabe 😀

        Liked by 1 person

      • Sekilo 90rb lho. Itu dikota kecil. Entah kalo dikota besar mungki sudah lebih 100rb kali. Aku lebih ikhlas bbm mahal daripada cabe yang mahal *dijitak banyak orang hahaha. ah kan jadi OOT. Topik bunga jadi kemana. Yukk nanem bunga aja 😀

        Liked by 1 person

Leave a Reply

