India Victor Foxtrot…

Untuk sesaat mari kita bicara tentang cerita masa kini dulu melalui kategori Todays ini, mengenai update terbaru tentang saya (eh..siapa saya..? hehehe..). Di tiga post sebelumnya di kategori Flashback alias Kilas Balik, saya baru saja selesai cerita tentang perjalanan wisata di Amerika Serikat di Juni 2012, dengan segala macam kehebohannya, termasuk saat ketemu Tom Cruise. Kali ini saya akan cerita tentang perjalanan juga, bukan perjalanan wisata meski judul post ini ada kata India-nya, tapi tentang salah satu aspek perjalanan kehidupan.
Baiklah, saya kasih bayangan dulu kira-kira mau cerita apa kali ini. Petunjuknya adalah: para pembaca/rekan blogger yang akrab dengan NATO Phonetic Alphabet (A=Alfa, B=Bravo, C=Charlie, dst…) tentu akan langsung bisa menebak apa yang dimaksud dengan judul di atas.
Saya mulai blogging untuk pertama kalinya di Juli 2014. Ternyata saya suka kegiatan ini. Namun memasuki tahun 2015 jika diperhatikan kegiatan blogging saya semakin jarang. Banyak rekan blogger yang bertanya soal ini. Waktu itu setiap kali ditanya, saya hanya bisa jawab: sibuk di dunia nyata..(sok sibuk ah..hehehe..). Padahal dalam hati ingin rasanya berbagi cerita, hanya saya pikir belum waktunya. Dan hari ini saya yakin adalah waktu yang tepat untuk itu.
Jadi begini ceritanya, atas berbagai pertimbangan, di September 2014 saya dan M memutuskan mengikuti program IVF (In Vitro Fertilization) alias bayi tabung di Klinik Morula IVF/RSB Bunda, Jakarta. Setelah menjalani berbagai pemeriksaan dan terapi hormon, akhirnya dihasilkan 5 embryo. Di awal Oktober 2014 dilakukan embryo transfer yang pertama. Hasilnya..? Gagal total, 2 embryo yang dimasukkan ke rahim saya hanya menempel beberapa hari, setelah itu hilang tak berbekas. Tes kehamilan (via urine dan Hcg darah) yang dilakukan dua minggu setelah embryo transfer benar-benar menunjukkan hasil negatif/0.0011-nyaris nol. Dokter menyarankan kami untuk rehat beberapa bulan sebelum melakukan embryo transfer berikutnya. Kami sempat menghabiskan liburan di Australia dulu di Desember 2014 untuk sedikit mengobati kekecewaan hati.
Di Januari 2015 kami memulai persiapan lagi. Kali ini persiapannya tidak berat jika dibandingkan dengan persiapan awal karena pada dasarnya hanya akan memindahkan 3 embryo yang tersisa ke rahim saya. Embryo transfer yang kedua, sekaligus yang terakhir untuk IVF putaran pertama ini dilakukan di awal Februari 2015. Itu adalah 3 embryo terakhir dari IVF putaran pertama. Jika ini gagal juga maka kami harus mengulang dari awal putaran, suatu proses yang sangat melelahkan jiwa, raga, dan dompet. Tapi kami ikhlas, intinya kami wajib berdoa dan berusaha, dan biarlah Tuhan yang menentukan.
Dan di pertengahan Februari 2015, tes kehamilan menunjukkan saya positif hamil.. Alhamdulillah… Yaaayyyy… Tes kehamilan berikutnya, dua minggu setelah yang pertama, menunjukkan ada satu calon janin yang berkembang, dua embryo lainnya tidak bertahan, tapi satu inipun sudah lebih dari kebahagiaan buat kami. Saat ini kehamilan saya sudah berusia 5 bulan. Sejumlah tes yang sudah dilakukan menunjukkan bayi dan ibunya dalam keadaan sehat. Semoga seterusnya begitu. Kehamilan ini sendiri saya rasakan tidak β€œseheboh” seperti yang sering saya dengar. Ngidam pun tak ada, hanya mual-mual sebentar, setelah itu, lurus-lurus saja. Dan proses kelahiran diperkirakan di bulan Oktober 2015.
Nyaris tak percaya saya benar-benar hamil. M pun tersenyum lebar sambil terharu seperti mau menangis, karena saking bahagia tentunya. Setelah hampir 6 tahun menikah, akhirnya kami akan jadi orang tua. Tak terbayangkan sebelumnya, di usia saya yang 40 tahun ini saya bisa hamil, dengan bantuan teknologi IVF pula. Sebetulnya setelah melalui berbagai pemeriksaan sebelum IVF treatment ini, saya dan M dinyatakan sehat, tidak ada masalah, seharusnya tidak ada kesulitan reproduksi. Tapi setelah berusaha secara normal/natural selama 5 tahun, tidak terjadi apa pun. Dan sampai saat ini, baik saya dan M atau bahkan para dokter ahli yang sudah memeriksa kami, tidak tahu pasti mengapa kami sempat kesulitan memiliki anak. Tampaknya banyak dari aspek penciptaan kehidupan baru ini masih merupakan misteri. Untuk sementara ini hanya Tuhan yang tahu sebabnya.
Dan demikianlah cerita saya hari ini. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi untuk tetap semangat.

Tulisan ini saya persembahkan untuk semua pasangan yang masih berjuang untuk memperoleh keturunan di luar sana. Semoga kalian semua selalu diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menjalani semua ini, dan semoga harapan kalian segera terwujud.
Amiiiinnnn…

Pregnancy-Announcement-8055smaller

http://www.chocolateandcarrots.com Perhatian…perhatian… Pemilik sepatu terkecil ini akan segera tiba di keluarga kami di Oktober 2015…:-)

159 thoughts on “India Victor Foxtrot…

  1. Selamat ya Emmy dan suami, haduh ikut bahagia baca berita baiknya, alhamdulillah..due date Oktober, jangan-jangan udah lahiran ya? semoga semuanya dilancarkan ya, dan sehat-sehat sekeluarga..ditunggu update beritanya

    Liked by 1 person

    • Hai Pungky..πŸ˜€ Amin..makasih banyak buat ucapan dan doanya..πŸ™πŸ½πŸ˜Š Belum lahiran.., sedang menantikan brojol day nih.. Pokoknya ntar pasti update koq di blog.. Sekali lagi makasih ya.. Salam..

      Like

    • Hai Dewi..😊 salam kenal juga.. Makasih banyak utk doa dan ucapannya.. Maaf baru sempet balas karena…saya emang baru lahiran 3 minggu lalu..heheheπŸ˜„ Alhamdulilah berkat doa dari semua, proses lahiran lancar.. Belum sempat pengumuman resmi di blog, tapi di Instagram sudah ada foto bayinya.. Salam-Emmy

      Like

  2. Selamat Mba, senang dengarnya, soalnya baru saja mendengarkan curhat tentang ingin mendapat momongan dari dua rekan kantor pria yang sudah sangat ingin tapi belom bisa punya juga. Selamat yah. Sehat selalu ibu dan babynya.

    Oh yah, salam kenal lagi ini blog pribadi Yuna dari Sangatta, kayanya pernah menyapa di blog aku satunya. πŸ˜€ πŸ˜€

    Liked by 1 person

    • HahahaπŸ˜„ maunya sih begitu tapi koq susah banget nemu waktu yg pas.. Bukan cari-cari alasan tapi saya urus sendiri sang bayi (emang maunya saya gitu), bantuan dari keluarga hanya sesekali kalo perlu banget. Sehingga waktu saya emang didominasi ngurus anak… Tapi tenang aja pasti tayang di blog. Kalo di Instagram sih udah..

      Liked by 1 person

    • Hai mba Fe..πŸ˜ƒ Akhirnya muncul juga..πŸ˜€Apa kabar? Makasih buat ucapannyaπŸ˜ŠπŸ™πŸ½ Iya masih di Cianjur, mba.. Saya dulu kirim e-mail ke alamat yg itu juga tapi kayaknya gak nyampe ya mba.. Saya juga punya travel towel buat mba loh.. OK deh saya kirim lagi ke e-mail yg ini ya..

      Like

Leave a Reply

