Sekedar selingan: Hejo kolot jeung hejo langit..(hijau tua dan “hijau langit”..)


Mungkin hanya orang Sunda generasiย lama (seperti saya) yang agak “bermasalah” dengan hijau tua dan “hijau langit”.
————————

Anggota tim penjinak bom urang Sunda, namina Bripka Asepso, sareng komandanna nuju tugas. Bripka Asepso nu tos di payuneun bom ngalaporkeun ka komandanna nu aya di lokasi sanes..

Komandan: “Kijang hiji kijang dua, kumaha kondisi lapangan..??? Ganti…”

Asepso: “Bom tos di payuneun, Komandan.. Nyuhunkeun instruksina..”

Komandan: “Okeh, Sep.. Fokus kana bom. Sabaraha menit deui waktuna..???”

Asepso: “Ayeuna 00:05:15 ngitung mundur..”

Komandan: “Aya waktu 5 menit ti ayeuna, buka panutup bomna! Aya sabaraha kabel na..???”

Asepso: “Aya opat..”

Komandan: “Teukteuk kabel hejo, Sep..”

Asepso: “Siap, Ndan…” (tuluy neukteuk kabel)…

Komandan: “Paeh bomna, Sep…???”

Asepso: “Heunteu, Ndan… Ngitung mundurna jadi leuwih enggal…”

Komandan: “Nu diteukteuk warna naon kitu..???”

Asepso: “Hejo, Ndan..”

Komandan: “Teu salah neukteuk, Sep..???”

Asepso: “Yakin nu hejo, Ndan..”

Komandan: “Warna naon wae nu nyesa..??

Asepso: “Beureum, hideung, hejo…”

Komandan: “Naha aya keneh kabel hejo..???”

Asepso: “Kabel hejona aya dua, Ndan.. Hejo kolot sareng hejo langit (*biru maksudna*)..”

Komandan: “Ah gelo siah, langit mah bulao… lain hejo…”

Asepso: “Di kampung abdi mah da hejo…”

Komandan: “Kumaha sia we lah.. Nu diteukteuk warna biru hartina waktu ngabeledugna tereh…”

Asepso :”Siap! Nampi instruksi salajengna… (hariweusweus).. Kondisi darurat, Ndan.. Lima belas detik deui bom ngabeledug. Nyungkeun parentah!”

Komandan: “Okeh, ayeuna tuturkeun omongan kuring…!”

Asepso: “Siap, Ndan..”

Komandan: “Laa..ilaa…ha…. illallooh……..”

————————————

Anggota tim penjinak bom orang Sunda bernama Bripka Asepso sedang bertugas bersama komandannya. Bripka Asepso yang sudah berada di depan bom melapor kepada komandannya yang berada di lokasi lain..

Komandan: “Kijang satu kijang dua, bagaimana kondisi di lapangan..??? Ganti..”

Asepso: “Bom sudah di depan mata, Komandan.. Mohon instruksinya..”

Komandan: “OK, Sep.. Fokus pada bom. Berapa menit lagi waktunya..?”

Asepso: “Sekarang 00:05:15 hitung mundur..”

Komandan: “Ada waktu 5 menit dari sekarang, buka penutup bomnya! Ada berapa kabelnya..???”

Asepso: “Ada empat..”

Komandan: “Potong kabel hijau, Sep..”

Asepso: “Siap, Ndan..” (kemudian memotong kabel)..

Komandan: “Mati bomnya, Sep..???”

Asepso: “Tidak, Ndan.. Hitung mundurnya jadi lebih cepat..”

Komandan: “Yang barusan dipotong memangnya warna apa..”

Asepso: “Hijau, Ndan..”

Komandan: “Tidak salah potong, Sep..??

Asepso: “Yakin yang hijau, Ndan..”

Komandan: “Warna apa yang tersisa..??

Asepso: “Merah, hitam, hijau..”

Komandan: “Kenapa masih ada kabel hijau..???

Asepso: “Kabel hijaunya ada dua, Ndan.. Hijau tua dan hijau langit (*biru maksudnya*)..

Komandan: “Ah gila kamu, langit itu biru, bukan hijau..!!!”

Asepso: “Di kampung saya sih hijau..”

Komandan: “Terserah kamu saja lah.. Karena yang sudah dipotong itu warna biru berarti waktu meledaknya sebentar lagi..”

Asepso: “Siap! Menunggu instruksi selanjutnya..(resah gelisah).. Kondisi darurat, Ndan.. Lima belas detik lagi bom meledak. Mohon perintahnya!”

Komandan: “OK, sekarang ikuti omongan saya..!”

Asepso: “Siap, Ndan..”

Komandan: “Laa..ilaa…ha…. illallooh……..”

—————————–

๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Asepso yang malang…

Advertisements

23 thoughts on “Sekedar selingan: Hejo kolot jeung hejo langit..(hijau tua dan “hijau langit”..)

  1. Iya kebalikan sama orang madura
    Kl disana gak ada hijau. Adanya biru daun. Jadi inget tukang becak dirumh. Aku bilang pk turun di depan pager ijo. Eeh dia lurus ajaaa. Aku tegur pk khok lurus sih kan aku bilang pager ijo. Dia ngamuk ngamuk soalnya bilang bukan ijooo mbak itu tp biru daon.

    Like

  2. Em, aku pernah lihat sendiri cerdas cermat di TVRI yang pesertanya anak2 madura. Ada pertanyaan “buah apa bentuknya bulat dagingnya berwarna merah kulitnya berwarna hijau tua?” Mereka ga ada yg jawab sama sekali. Pas dijawab buah semangka, mereka protes itu warnanya bukan hijau tapi biru muda huahaha. Btw, aku sejak lahir ceprot kan tinggal dilingkungan orang madura, jadi suka miskom masalah warna hijau dan biru ini kalo ngobrol sama mereka ๐Ÿ˜† sedangkan jawa kan ada warna hijau

    Like

      • Kalau tinggal dilingkungan orang2 Madura, seperti keluarga kami ini, aku paham kenapa anggapan semacam itu muncul, karena setiap hari kami berinteraksi dengan orang2 Madura. Tapi ya itu memang semacam gebyah uyah sih. Karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Ibuku sejak anak2nya sudah bisa diajak diskusi, kayak ngasih entah wejangan atau doktrin (yang rasis sih ya ini namanya) “kalau bisa jangan kawin dengan orang Madura”. Dimana pada akhirnya keluarga kami berbesan orang Madura asli. Aku suka ledekin ibukku “piye buk, jarene ga oleh entuk wong meduro, lha kok saiki besane wong meduro”, ibuk cuman senyum2 hehe.

        Liked by 2 people

  3. Langit mah Bulao…huahhahha..ngakak di part ini..kemanah tuh jaman sekarang Bulao yahh, berfungsi ganda buat cemerlangin baju seragam putih sama klo sakit gondongan jaman dulu anak Kecil suka di balurin Bulao..Belao..ihihihihi *angkatan jaduls.

    Like

  4. Wkwkwk ngakak banget baca postingan ini. ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜

    Btw senang banget baca tulisannya bu emmy, sangat indah. Awalnya baca “rumah panggung lagi..” (dan sampai sekarang semua episode telah saya baca ๐Ÿ˜ ) sangat menarik karena saya tau persis tempat ini bu, selain saya tinggal di sangatta, saya juga kerja di tanjung bara, di batu putih. Saya tau persis di bagunan mana dulu ibu tinggal. Mungkin memang benar kata ibu, dunia itu sempit. Haha

    Terimakasih bu, cerita2nya sangat menginspirasi, tak sabar menunggu cerita lainnya.

    Salam

    Liked by 1 person

    • Wah tumben saya nemu orang Sangatta di wp..๐Ÿ˜€ Makasih udah mampir๐Ÿ™๐Ÿฝ dan baca semua tulisan saya.. Dunia memang sempit.. Saat ini saya masih belum ada waktu buat nulis lagi, tapi saya udah niat koq mau terusin suatu hari nanti.. Sabar menanti ya..๐Ÿ˜ƒ Salam..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s