Day 5: If you could have dinner with any five people, who would they be..?

Seandainya kamu bisa makan malam bersama lima orang, siapakah 5 orang itu..?

Saya ingin makan malam dengan 5 orang dari 1000 orang pertama yang menjadi penduduk planet Bumi ini. Saya tidak tahu siapa saja mereka dan tentunya saat ini sudah tak ada.
Saat ini tahun 2017 total jumlah populasi dunia mencapai sekitar 7,5 milyar orang menurut beberapa sumber. Banyak ya.. Sekedar gambaran betapa banyaknya “milyar” itu: 1 milyar sama dengan 1000 juta. Katakanlah kamu punya uang 1 juta rupiah yang disimpan di dalam 1 amplop, maka jika ingin punya 1 milyar berarti kamu harus punya 1000 amplop yang berisi 1 juta.
Jumlah populasi 7.5 milyar ini luar biasa karena menurut data yang pernah tercatat, di tahun 1750 populasi dunia hanya sekitar 700 juta orang, 150 tahun kemudian di tahun 1900 sekitar 1,6 milyar orang, dan hanya perlu 100 tahun bagi dunia ini untuk bertambah populasinya menjadi 6 milyar di tahun 2000 (sumber: Wikipedia). Fantastis, bukan..?
Saya berpikir, jika di tahun 1750 hanya ada 700 juta orang di seluruh dunia (yang mana tidak banyak jika dibandingkan dengan luas planet Bumi ini), maka 1000 orang pertama penduduk dunia itu kira-kira hidup di tahun berapa ya..? Mungkin di masa pra sejarah, mungkin di tahun 0, atau bahkan tahun minus (jika istilah ini ada, seperti istilah “suhu minus”). Saya tahu ada istilah dalam sistem kalender/penanggalan yaitu AD (anno Domini) dan BC (before Christ, yang diterjemahkan sebagai SM=sebelum Masehi), tapi belum paham betul pengertiaan dan penggunaannya.
Baiklah.., kembali ke topik awal.. Di acara makan malam (khayalan) itu, saya ingin berbincang-bincang dengan 5 orang tersebut tentang bagaimana kehidupan di zaman mereka, bagaimana kehidupan di masa saya. Satu contoh simpel, zaman sekarang kalau seorang perempuan sedang menstruasi, gampang kan tinggal beli pembalut. Nah.., kalau zaman dulu (pakai banget) itu bagaimana..? Terus zaman itu tentunya tidak ada Facebook dan sejenisnya (ya iyalah..hehehe), lalu bagaimana berkomunikasi dan mengaktualisasikan diri (baca: update status..hahaha..). Saya juga mau tanya tentang dinosaurus dan teman-temannya. Saya ingin tahu apakah si Dino itu binatang peliharaan mereka? Ya..ya.., saya terlalu banyak menonton film kartun.. Saya ingin mereka cerita tentang kehidupan keluarga mereka.. Apakah zaman itu sudah ada yang namanya keluarga..? Saya ingin tahu tentang sistem kepercayaan mereka. Saya penasaran apa mereka suka cemilan juga, keripik dedaunan mungkin..? Atau kerupuk kulit dinosaurus..? Oh..Dino,  malang nian nasibmu…
Terus saya juga ingin tahu reaksi mereka jika saya cerita tentang betapa riuhnya kehidupan masa kini.. Eh tapi siapa tahu dulu juga ramai ya (dengan suara binatang liar..hehehe..) Saya akan tunjukkan smartphone dan laptop saya serta kecanggihannya. Saya akan bercerita tentang pesawat terbang dan kapal pesiar, tentang bagaimana cara membuat rendang Padang dan corned beef (alias kornet), tentang televisi dan internet, tentang sekolah dan pekerjaan, tentang situs Gunung Padang dan Piramida Giza, tentang pilkada DKI yang heboh, tentang Soekarno dan Jokowi, tentang Obama dan Trump, tentang semuanya..
Dan yang terakhir, saya akan bercerita tentang anakku Bear.., tentang kekuatiranku atas masa depan macam apa yang dia akan hadapi suatu hari nanti. Lalu saya akan bertanya, apakah mereka, orang-orang yang hidup di zaman “tahun minus” itu, juga pernah merasa kuatir tentang masa depan? Atau ini hanya “masalah” orang-orang di masa modern..?
Entahlah..

Advertisements

13 thoughts on “Day 5: If you could have dinner with any five people, who would they be..?

  1. Menarik bgt.Mohon definisikan “orang”. Apakah mrk yg masih homo sapiens..atau sdh yg purba2😄..hehe..kalau menurut kitab2 Adam tingginya kurleb 30 meter. Hrs cari rumah raksasa dan perabotnya dulu mba…

    Like

  2. Interesting. Artinya buatku adalah makan dengan Adam dan hawa plus keturunannya karena menurut kepercayaanku mereka salah satu manusia pertama penghuni bumi..hehe

    Like

  3. Eh, Mbak M 🙂 Pertanyaan yang tentang zaman dulu banget wanita menstruasi pakai apa, pernah kepikiran juga lho di otak saya dulu waktu pertama kali menstruasi 🙂 Simple question, but really I want to know the answer actually 😀

    Like

  4. Wahh kalau sampe ke jaman dulu2 banget, aku kurang paham.. Tapi jaman nenek aku ditahun 1920-an, mereka pake semacam kain gitu, yang cuci pakai terus dipakai didalam underwearnya, dan setelah dicuci pun jemurnya harus dibawah lemari ( inget lemari buffet gitu yang ada kolongnya?, nah jemur disitu karena gak boleh kelihatan ama org lain ), jadi mereka punya kainnya banyak.. Dan gua pernah dong waktu masih tahun ke-5 mens, tak coba praktekkin, gagal… jaid mikir, mereka dulu gimana ya bisa survive?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s