Day 7: Recommend us a book to read.. Why do you think it’s important..?

Rekomendasikan sebuah buku.. Mengapa buku ini penting menurutmu..?

Saya rekomendasikan buku berikut ini untuk kalian baca:

Judul : Half the Sky
Penulis : Nicholas D. Kristof dan Sheryl WuDunn
Bahasa : Bahasa Inggris
Tahun terbit : 2010
Tema : Sex trafficking, Maternal death, Genital modification and mutilation, Sexual violence, Microfinance, Female education
Bisa beli di : amazon.com, ebay.com.au, atau toko buku online lainnya, atau mungkin di toko buku lokal di tempatmu.
Harga : AUD 5 (Rp 50,000) s/d AUD 28 (Rp 280,000); tergantung apakah itu buku bekas baca atau benar-benar baru

Saya baca buku ini di tahun 2011 setelah membaca resensinya dari sebuah majalah di Australia. Resensinya singkat tapi padat. Dan ketika akhirnya saya selesai membacanya, saya jadi berpikir, apalah saya ini jika dibandingkan dengan kisah hidup semua perempuan yang diceritakan dalam buku ini. Atau.., betapa “cemennya” saya kadang-kadang (untung hanya kadang-kadang) dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.
Jika melihat temanya, sudah bisa ditebak buku ini tentang apa, lumayan bikin kening berkerut dan merasa ngeri. Jadi buku ini berisi kisah nyata tentang perempuan di berbagai negara di Asia dan Afrika yang bernasib malang karena harus berhadapan dengan situasi yang disebutkan dalam tema tersebut di atas. Para penulisnya, Nicholas, seorang kolumnis dari harian New York Times di New York, dan Sheryl istrinya menuliskan kisah bagaimana memberdayakan kaum perempuan, bahkan di saat terlemah mereka, dapat mengubah dunia ke arah yang lebih baik.
Nicholas dan Sheryl memperlihatkan bagaimana bantuan kecil dapat mengubah kehidupan para perempuan di berbagai belahan dunia. Seorang gadis Kamboja akhirnya bisa melarikan diri dari sebuah rumah prostitusi. Dan dengan bantuan dari sebuah LSM, dia bisa membangun usaha toko untuk menafkahi keluarganya. Atau seorang wanita Zimbabwe yang semasa kecilnya mengalami pembedahan genital yang berakhir buruk, akhirnya bisa kembali sehat setelah bedah perbaikan. Kemudian seiring waktu dia belajar dan belajar. Dan akhirnya dia menjadi seorang dokter ahli bedah.
Melalui kisah-kisah para perempuan ini, penulis membantu pembaca untuk melihat bahwa kunci kemajuan ekonomi terletak pada potensi kaum perempuan. Mereka juga memperjelas begitu banyak orang sudah membantu melakukannya, dan bagaimana kita bisa turut serta dalam hal ini. Di segala penjuru dunia, sumber daya ekonomi terbesar yang belum dimanfaatkan adalah setengah dari populasi dunia itu sendiri, yaitu kaum perempuan. Mungkin itu sebabnya buku ini diberi judul Half the Sky.
Negara-negara seperti China telah maju tepatnya karena mereka memberdayakan perempuan dan membawa mereka dalam laju pembangunan ekonominya. Sekedar informasi, menurut saya, China adalah “negara pabrik” karena saking banyaknya pabrik pembuat aneka rupa benda di negara tersebut. Coba dipikir, apa sih yang bukan Made in China saat ini. Dan sekitar 70% dari pekerja pabrik tersebut adalah perempuan. Penulis menyatakan bahwa seandainya proses pemberdayaan perempuan ini sudah benar-benar mendunia, maka itu bukan hanya hal bagus untuk dilakukan, tapi juga merupakan strategi terbaik untuk mengentaskan kemiskinan.
Perempuan dalam kemiskinan, tekanan, dan kekerasan biasanya “dipandang” sebagai korban. Penulis memperlihatkan bahwa tantangan yang tak terbayangkan susahnya seringkali bersandingan dengan keberanian yang luar biasa. Kisah-kisah dalam buku ini menunjukkan kekuatan dan ketabahan para perempuan yang sebetulnya bisa menyerah kapan pun jika dilihat dari tingkat kesulitan hidup yang mereka alami. Para perempuan ini akan jadi inspirasi bagi siapa saja yang membaca buku ini, dan menjadi contoh bagi mereka yang sedang berjuang demi keadilan. Itulah mengapa menurut saya buku ini penting untuk dibaca.

Advertisements

2 thoughts on “Day 7: Recommend us a book to read.. Why do you think it’s important..?

  1. Tuesday with Morie. Buku yang pertama kali berkesan di hati. Entah kenapa. Kemudian Arashi No Naka No Manyar (Burung Burung Manyar). Banyak sih mbak.

    Topik trafficking jadi ingat sama kasus Daisy Destruction mbak. Miris.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s