Peta Unik

Ini adalah peta dunia dari perspektif Amerika Serikat. Beberapa gambar mungkin sudah tidak se-update seperti seharusnya, tapi masih cukup menarik untuk dilihat..
1. Peta ini menunjukkan dunia dibagi ke dalam 7 warna berbeda, setiap warna berisi 1 milyar penduduk.

2. Peta ini (ditandai putih) menunjukkan wilayah di mana 98 % penduduk Australia tinggal. Ini artinya wilayah warna kuning berpenduduk sangat sedikit atau tidak ada penduduk sama sekali.

3. Tidak terlalu mengejutkan sebetulnya, bahwa lebih banyak orang tinggal di area yang dilingkari berikut ini, daripada di area luar lingkaran.

4. Peta ini menunjukkan apa yang ada di sisi lain dari dunia ini dilihat dari di mana kamu berpijak (Antipoda). Sebagian besar mungkin hanya air di lautan..

5. (Merah=Ada McD, Biru=Tak Ada McD) Rupanya tak di semua negara kamu bisa beli burger McD. Peta ini menunjukkan negara yang ada McDonalds-nya. Sedikit update dari saya, di Kalimantan itu sebetulnya McD sudah ada sejak beberapa tahun lalu..

6. Peta ini menunjukkan negara-negara (dalam warna biru) di mana orang-orangnya menyetir di sebelah kiri jalan.. Indonesia, Australia, dan Inggris di antaranya. Dan rupanya menyetir di sebelah kiri jalan itu minoritas..

7. Peta ini menunjukkan negara-negara (yang ditandai warna putih) yang tak pernah diinvasi oleh Inggris. Hanya ada 22 negara. Saya sebetulnya agak ragu tentang ini. Yang mau menambahan info, silahkan komentar ya..

8. Ini adalah peta Amerika Serikat. Garis yang menghubungkan antar titik hitam itu menunjukkan seukuran itulah koneksi internet dunia di tahun 1969.. Koneksi internet dunia ya.., bukan internet Amerika saja. Artinya negara lain dan daerah lain di Amerika Serikat saat itu tidak ada koneksi internet.

9. Peta ini menunjukkan negara-negara yang sangat membatasi akses Internet di negaranya di tahun 2013 (Kuning=Diawasi, Hitam=Internet adalah musuh).

10. Peta ini menunjukkan negara-negara (ditandai oranye dan merah) yang merupakan negara komunis atau dulunya negara komunis.

11. Peta ini menunjukkan negara-negara (ditandai merah) yang tidak menggunakan sistem metrik (kilometer, kilogram). Kelihatannya hanya Amerika Serikat dan dua negara lainnya.

12. Peta ini menunjukkan tempat-tempat di mana Google Street View tersedia (ditandai biru tua).

13. Peta ini menunjukkan semua negara (ditandai hijau) yang tak punya wilayah lautan.

14. Dan akan tampak seperti inilah dunia jika semua negara yang punya wilayah lautan tenggelam.

15. Dan yang terakhir.. Peta ini menunjukkan seberapa luas wilayah Amerika Serikat jika dipindahkan ke bulan. Kelihatannya hampir seluas setengah wilayah bulan ya..

Demikianlah.. Semoga menikmati.. Terima kasih sudah membacanya..

 

 

 

Advertisements

30 thoughts on “Peta Unik

  1. Dear people of the United States of America. Now that you can already enjoy soccer, let us (us = the rest of the world) introduce you to THE METRIC SYSTEM, FOR GOD’S SAKE πŸ˜‚πŸ˜‚

    Liked by 2 people

  2. Baru tau ternyata SEA jumlah penduduknya bisa mencapai 1M ya mbak, mungkin Indonesia adalah penyumbang terbesar πŸ˜‚
    Anyway sedikit update, di Jakarta udah ada Google Street View mbak

    Like

  3. Mbak Emmy, aku suka banget postingan ini… informatif 😊. Makasih yaaa.

    Anak ku di kindy nya juga belajar continents dan dia ngapalin juga pake warna hihihi

    Like

    • OK makasih konfirmasinya, Lorraine..πŸ‘πŸΌ Hahaha tenggelam duluan.., banyak wilayah yg DPL ya (di bawah permukaan laut)? Dipikir-pikir sebagian besar negara emang punya wilayah lautan ya..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s